Sistem Operasi Dan Macam-Macamnya

Pengertian dan Macam-Macam Sistem Operasi pada Komputer (OS) serta masing-masing Keunggulan dan Kekurangannya

Pengertian
Sistem Operasi adalah sekumpulan perintah dasar yang berperan penting untuk menjalankan sebuah kontrol dan pengoperasian dalam sebuah perangkat keras (hardware )
Sistem Operasi Komputer (Operating System) merupakan sebuah program /software yang bertugas untuk melakukan sebuah kontrol pada perangkat keras komputer dan penyedia layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak komputer.Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.Dengan demikian, sistem operasi memiliki kontrol penuh terhadap sumber daya perangkat keras pada komputer dan mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda berfungsi agar dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya untuk bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.
Macam-macam Sistem Operasi
1) Sistem Operasi Windows 
Sistem Operasi Windows adalah sebuah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (GraphicalUser Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis. Os ini sudah banyak sekali digunakan oleh user sejak lama. Windows pertama kali masih dalam jenis Ms-Dos (Microsoft Disk OperatingSystem) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Dan Windows 1.0 berkembang hingga yang terbaru sekarang ini, yaitu windows 10.



Kelebihan Windows
1.User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
2.Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
3.Banyak software berbasis Windows
4.Dukungan driver yang lebih banyak
5.Banyak orang yang menggunakan Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya. Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja.
6.Karena systemnya sudah dishare untuk bisa dikembangkan, maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Terutama dunia usaha yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
7.Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
8.Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows.
9.Kalau ada masalah mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari ahlinya juga tidak sulit disekitar kita.
Kekurangan Windows
1.Harga licensi mahal
2.Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
3.Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
4.Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
5.Sistem yang kurang stabil
2) Sistem Operasi Linux
Sistem Operasi Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX). Sistem operasi ini juga terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yangditurunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, RedHat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.


Kelebihan Linux
1.Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
2.Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
3.Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
Kekurangan Linux
1.Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
2.Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau linuxhardware.org.
3.Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
3) Sistem Operasi Android
Sistem Operasi Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuhseperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Hampir semua vendor saat ini mengembangkan produknya dengan sistem operasi Android, karena peminatnya yang semakin meningkat tajam.

Kelebihan Android
1.User Friendly – Kalimat ini sangat melekat pada sistem operasi Windows miliknya microsoft, ibaratnya kita dengan sangat mudah mengoprasikan komputer hanya dengan belajar beberapa hari bahkan beberapa jam saja, dan ini juga melekat pada Android yang berjalan pada Smartphone.
2.Notifications – Anda dengan sangat mudah mendapatkan notifikasi dari smartphone android dengan mengatur beberapa akun Email, SMS , Voice Dial, Update dan lain sebagainya.
3.Tampilan – Dari segi tampilan, Android tidak kalah bagusnya dari iOs miliknya Apple, karena memang dari awal android hampir mengusung teknologi iOs, hanya saja ini versi murahnya.
4.Open Source – Operating system ini memang dibuat open source oleh penciptanya, karena memang berbasis kernel Linux. Jadi jangan kaget jika diluar sana ada banyak sekali Custom Rom untuk masing-masing perangkat android.
5.Aplikasi – Untuk Aplikasi anda akan disajikan jutaan pilihan aplikasi yang menarik dari yang gratis hingga berbayar, dan anda bisa mendownloadnya di Google Play, siapa lagi kalau bukan miliknya Mbah Google.
Kekurangan Android
1.Update System – Seperti atikel saya disini » Cara Upgrade Os Android « untuk melakukan update system tidaklah mudah, anda harus menunggu dari masing-masing Vendor untuk merilis Update Versi yang terbaru. Tentu ini sangat tidak menyenangkan.
2.Batterai Cepat Habis – Ini sering terjadi jika anda menyalakan paket data dan menggunakan widget serta aplikasi yang berjalan secara berlebihan, untuk mengatasinya anda harus mengurangi aktivitas aplikasi pada smartphone anda.
3.Lemot atau Lag – Sebenarnya kalau ini ada kaitannya dengan spesifikasi dari masing-masing perangkat, namun ada kalanya Android ini tidak bersahabat dengan beberapa aplikasi dikarenakan Ram ataupun Prosesornya yang kurang memadai, jadi sesuaikan aplikasi dengan perangkatnya.
4) Sistem Operasi MACINTOSH
Sistem Operasi MACINTOSH adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computerkhusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel (tidak harmonis untuk digunakan) dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). Macintosh : cukup tinggi securitynya, cocok untuk user yang usagenya desain grafis atau user yang mementingkan eye-candy.



Kelebihan Machintosh
1.Hardware dan sistem operasi berasal dari produsen yang sama.
2. Tidak bisa di tembus virus dan worm.
Kekurangan Machintosh
1.Hanya cocok bagi graphic designer.
2. Hanya pihak MacOs saja yang mengembangkan sistem operasi ini
3. Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.
5)Sistem Operasi Symbian
Sistem Operasi Symbian adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan pada peralatan bergerak atau ponsel. Jenis Os ini mudah kita temui di ponsel-ponsel produk nokia dan beberapa produk Sony. Akan tetapi sekarang Pamor dari OS ini sedikit bergeser karena kalah popular dengan beberapa os baru seperti android.





Kelebihan Symbian
1.Tampilan game yang menawan : Tampilan yang diberikan oleh hp bertipe Symbian memang sangat bagus,anda tidak perlu khawatir dengan game2 berat untuk hp sejenis : Assasins Creed 3,X-Men Wolverine,Asphalt 6 Adrenaline dll.Hp ini akan memberikan tampilan terbaik mereka.
 2.Sound pada headset yang gahar. Memang tak bisa di tandingi,balance antara sound begitu kental.Stereo Widening nya cukup bagus.Selain itu,sound yang diberikan amat jernih
3.Wi-Fi Feature Wi-Fi feature ny dapat membuat kita menikmati indahnya dunia internet hahahaha, (hanya untuk sebagian hp)
Kelemahan Symbian
1.Sangat Lemot. Memang,ini adalah penyakitnya Symbian,lemot bukan main. Sehingga,banyak orang mulai berganti ke hp yang ber-OS Java,karna lebih cepat.Penyebabnya bermacam2,mulai dari penuhnya kapasitas memori hp.terlalu banyak aplikasi,Moding yang berlebihan dll.Tapi tenang,saya akhirnya menemukan solusi yang cukup membantu,yaitu aplikasi yang bernama " Ram Booster".Tinggal instal aplikasinya lalu Optimize.Cukuplah untuk mengurangi lemotnya,lakukan dengan teratur,seperti 3x sehari (kyk makan aja hahahaha).
 2.Baterai cepat habis. Kelebihan penggunaan dapat mempengaruhi kapasitas tenaga baterai,apalagi Symbian yang telah dihack.
3.Dapat dihack. meng-hack hp bertipe Symbian biasanya amat mudah di kalangan para Phreaker.
6) System operasi Palm
System operasi Palm adalah Os untuk mobile yang dikembangkan oleh Palm, Inc. Yaitu sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Contoh produk yang menanamkan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680 Smartphone ini menggunakan system operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.



Kelebihan Palm
Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal, dan tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik.
Kekurangan Palm
Tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori. Selain itu , perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm.
7)Sistem Operasi BlackBerry 
Sistem Operasi BlackBerry adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) untuk lini BlackBerry smartphone.Platform BlackBerry mungkin paling dikenal karena dukungan asli untuk lingkungan komunikasi perusahaan, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi email, kalender, tugas, catatan, dan kontak.





Kelebihan BlackBerry
Baterai: Secara keseluruhan, BlackBerry menyediakan konsumsi daya yang paling optimal untuk pengguna bisnis. Waktu siaga, jam waktu bicara, dan baterai semua berkontribusi terhadap BlackBerry sebagai suatu kelebihan
Sistem operasi: OS BlackBerry adalah salah satu platform terkuat di pasar. Banyak orang berpendapat, B;ackberry memiliki manajemen kontak terbaik, kalender, dan e-mail client dari semua perangkat. Hal ini dibangun untuk pengguna bisnis dan memiliki tambahan bagi konsumen.
Daya Tahan: BlackBerry dikenal karena hardware yang dapat bertahan dalam penggunaan yang melebihi bebannya. Jika anda seorang pekerja lapangan atau bisnisman yang berpindah dari ruang rapat ke ruang rapat lainnya, BlackBerry adalah perangkat yang handal.
Produktivitas: Dengan keyboard yang terkenal mekanis, BlackBerry sangat cocok untuk pegawai luar. Anda dapat mengatur e-mail, pesan SMS, dan mengambil memanfaatkan beberapa Shortcut keyboard untuk mendapatkan hasil maksimal dari telepon Anda dengan cara yang efisien.
Hardware: Research In Motion, seperti Apple, menghasilkan kualitas yang hebat perangkat keras yang juga estetis. RIM juga menawarkan kebebasan memilih, tidak seperti Apple, Anda dapat membeli BlackBerry yang berbeda dalam faktor bentuk yang berbeda.
Kekurangan BlackBerry
Aplikasi: RIM diikuti Apple dengan merilis application store tersendiri, yang disebut BlackBerry App World. Kurangnya aplikasi dan antarmuka rumit menyebabkan memperlambat adopsi. OS terbaru, versi 6.0, dilengkapi dengan App World 2.0 terintegrasi dalam sistem operasi, itu akan menarik untuk melihat apakah ini membuat perbedaan. Rata-rata, aplikasi BlackBerry juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan iPhone dan Android.
Web browsing: BlackBerry, dibandingkan dengan Android dan platformiPhone, memberikan pengalaman browsing Web paling lemah. Ini baru-baru ini ditangani dengan sistem operasi terbaru RIM. Namun, mereka masih bermain catch-up di daerah ini.
Bisnis-sentris: iPhone berhasil menjembatani kesenjangan dengan konsumen rata-rata, sedangkan BlackBerry masih berakar dengan masyarakat perusahaan. Bisa saja ini merupakan suatu keuntungan, tapi banyak orang akan melihat ini sebagai kelemahan. BlackBerry dimulai sebagai perangkat perusahaan, sementara iPhone dimulai sebagai perangkat konsumen. IPhone tampaknya memiliki waktu lebih mudah membuat jalan ke dalam lingkungan perusahaan, dibandingkan dengan pertempuran RIM yang mencoba untuk membuat jalan ke pasar konsumen.
Perangkat lunak server: Untuk mencapai integrasi penuh dengan sistem perusahaan pesan, kita harus menginstal BlackBerry Enterprise Server atau BlackBerry Express. Ini menambah lapisan lain kompleksitas, manajemen biaya, dan unsur bisnis. Baru-baru ini RIM merilis BESX, versi terpangkas dari BES yang menghilangkan kebutuhan untuk membayar lisensi server. Hal ini juga dapat bekerja dengan rencana BlackBerry Internet Service dari operator, menghilangkan kebutuhan bagi pengguna untuk membayar untuk rencana BES mahal.
8) Sistem Operasi UNIX
Sistem Operasi UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.



Kelebihan Unix
1.Sistem operasinya gratis
2.Tidak perlu mengintal driver lagi
3.Mendapatkan applikasi multimedia dan desian grafis yang lengkap
4.Tidak bisa terkena virus
5.Desktopnya bagus
Kekurangan Unix
1.Membingungkan karna berbeda dengan windows
2.Format file yang terlalu sedikit
3.Banyak software yang tidak complatible dengan linux
9) Sistem Operasi  Sun Solaris
Sistem Operasi  Sun Solaris adalah sebuah sistem operasi keluarga Unix yang dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc.Open solaris adalah Sun Solaris yang di open-source kan di bawah lisensi CDDL (Common Development and Distribution License). Solaris OS adalah operating system yang sangat terkenal didunia karena kestabilannya. Solaris OS sangat dipercaya sebagai OS server terutama pada mesin-mesin critical yang menuntut high availability, stability, reliable, serta scalable.
Banyak pihak yang beranggapan bahwa OS Solaris merupakan OS yang sangat sempurna bagi suatu sistem dengan kinerja yang membutuhkan high availability, stability, reliable, serta scalable.
kelebihan Solaris
1.Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client, pembangunan Java.
2.Stabil dan popular dibandingkan dengan Windows NT.
3.Mempunyai sistem operasi Unix versi "hampir" sempurna  
Kekurangan  Solaris
1.Harga sistem operasi komersil yang mahal (versi berbayar). 
2.Kepantasan inovasi Linux lama kelamaan memberi kesan kepada sistem Unix komersil.
3.Sistem operasi Unix versi "hampir" percuma tidak sebaik sistem operasi Unix komersil.
4.Driver hardware yang kurang baik pada versi "hampir" percuma.
5.Sedikit perizinan untuk pejabat.
10) Sistem Operasi FreeBSD
Sistem Operasi FreeBSD adalah suatu sistem operasi yang bekerja layaknya UNIX tetapi bukan turunan dari UNIX. Pertama kali dikembangkan oleh Berkeley Software Distribution pada tahun 1993. Operating system ini dijuluki FreebSD karena software ini gratis untuk digunakan oleh siapapun termasuk untuk kepentingan komersial, source code yang tersedia dengan gratis, siapapun dapat meningkatkan performa FreeBSD ini atau menemukan bug untuk mensubmit source codenya, kata “free” dapat diartikan sebagai gratis, atau dapat digunakan sesuai keinginan user.
Saat ini FreeBSD banyak dipercaya sebagai OS untuk server yang menangani beban yang cukup tinggi. Tercatat beberapa situs internet tersibuk di dunia, seperti Yahoo.com, Hotmail.com, dan ftp.cdrom.com menggunakan FreeBSD sebagai sistem operasi bagi servernya. Sementara itu, di Indonesia FreeBSD menjadi tulang punggung dari jaringan AI3 (Asian Internet Interconnection Initiative). Jaringan yang di Indonesia berpusat di ITB ini bertujuan untuk menghubungkan perguruan tinggi serta lembaga pendidikan maupun riset di Indonesia ke jaringan internet melalui gateway internet AI3 di ITB.
Kelebihan FreeBSD
1.Memiliki sistem software third-party yang memberikan kemudahan yang berarti bagi para user untuk menambah atau menghapus aplikasi-aplikasi. Para user cukup mengeksekusi satu baris perintah dan aplikasi-aplikasi dengan sendirinya di-download, dicek integritasnya, di-build, dan diinstall secara otomatis. Tugas-tugas administrasi sistem menjadi sangat praktis dan mudah.
2.Keuntungan lain dalam memakai freebsd sebagai server diantaranya adalah mudah,gratis, secure, powerfull, mendukung patch dan update, disertai port dan package u/ memudahkan install software lain, disertai firewall, dan ada team yang akan selalu develop OS FreeBSD.
3.Sistem stabil untuk database, server internet, intranet, fill-server, intranet client, pengembangan java., FreeBSD dapat berjalan lebih cepat dari Linux dalam beberapa bagian misal sebagai server NFS.
Kekurangan FreeBSD
1.Sedikit software untuk kantor apalagi versi gratisnya
2.Free BSD tidak dapat digunakan pada mikro karnal lam PC IBM
3.Free BSD tidak dapat mendukung ISA-plug-and-ply-card
4.Kecilnya basis developer dan pemakai yg mencari bug/kelemahan program
5.Belum jelas masa depannya untuk server database dan sistem operasi desktop.
11) SistemOperasi DOS
SistemOperasi DOS adalah sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. Untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus. Masih banyak fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang, terutama dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer. Walaupun bisa juga dilakukan pada sistem operasi berbasis GUI.
 fungsi-fungsi DOS.
• Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer
• Mengatur memori
• Mengatur proses input dan output data
• Management file
• Management directory
Kelebihan program DOS
1.DOS menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut)
Kekurangan Ms DOS
1.DOS tidak memiliki GUI sehingga membuat lebih ribet, karena menggunakan Command Line Interface
2.Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS
12) SistemOperasi BeOS atau HAIKU
SistemOperasi BeOS atau HAIKU adalah Sistem operasi ini merupakan salah satu jenis sistem operasi yang bersifat Open Sourche. Dimana OS BeOS atau HAIKU ini pada jamannya sangat dikenal sebagai OS yang memiliki arsitektur yang kuat untuk menjalankan multimedia, mendukung multiprosesor, mendukung 64 journaling file sistem. Bukannya hanya itu saja OS ini pada masa itu mengalami perkembangan ynag sangat pesat yang dapat dilihat dari segi penggunanya. Slaah satu ketertarikan dari SOBeOS ini adalah tidak memiliki keterkaitan dengan sourche code. Dan saat itu SO BeOS ini memiliki saingan yang tidak tertandingi dari beberapa perusahann besar OS seperti MC-OS, APPLE, dan juga Microsoft Corporation hal ini merupakan suatu keistimewann sendiri bagi Jean Louis Gassée pendiri utama Be,Inc. Jean berasal dari suatu perusahaan Aplle dia keluar dari perushahaan tersebut dan membangun sebuah perusahan baru yang memberikan dampak besar dalam sejarah Sistem Operasi. Adapun Tujuan dari Be adalah membuat platform hardware baru dengan sistem operasi baru yang tidak terikat isu backwards compatibility dan dirancang untuk multiprocessing.
Kelebihan BeOS
1.Arsitektur yang kuat untuk multimedia
2.Mendukung multiprosesor
3.Mendukung 64 journaling file sistem.
Leave a Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Comments